Nugroho Technology

Menggali Makna Dalam Setiap Kata

Sego Sambel Wonokromo

leave a comment »

Foto by : Me

Sekedar sharing pengalaman ku di Surabaya yang super singkat. Kota Surabaya ternyata menawarkan berbagai macam sesuatu yang menarik, bagi yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi mendengar sebuah lapak makanan yang berlokasi di belakangDarmo Trade Center (DTC) yang hanya buka pada malam hari. Apa yach namanya? Yupz anda betul? Sego Sambel DTC atau Sego Sambel Wonokromo itulah namanya. Warung yang berlokasi di belakang DTC ini luar biasa ramainya. Pembelinya pun beraneka ragam, mulai dari yang ekomoni pas-pasan ampe yang bermobil BMW pun tumplek semua buat merasakan kedahsyatan sego sambel Wonokromo ini.

Warung ini berada di sebelah utara Darmo Trade Center (DTC), yang dulu merupakan pasar tradisional Wonokromo). Tampilan warung sekilas tidak begitu meyakinkan, bagian utama hanya berupa sebuah meja kecil tempat menaruh nasi, sambal, dan lauk-pauknya.Yang unik dari warung ini, pelayanan dibukanya tengah malam mulai pukul 22.00, walaupun yang antri sudah berjubel tapi kalo belum pukul 22.00 sego sambel ini gak melayani pembeli. Dan setelah pukul 22.00 barulah pembeli berjubel untuk mendapatkan seporsi sego sambel. Untuk mendapatkan satu porsi sego sambel ini di butuhkan waktu kurang lebih 60 menit atau malah bisa lebih dari 60 menit ”pengalaman pribadi Saya sendiri”.

Pembeli yang baru datang pertama ke warung ini pasti akan heran dengan begitu banyaknya pembeli “ampe sekarang pun saya masih gak ngerti pembeliya ampe berjubel gtu, bahkan ampe orang2 bermobil BMW pun dateng ckckck…”. Padahal tidak ada yang istimewa dari menunya, sego sambel Wonokromo ini hanya menyediakan menu sego sambel iwak pe. Lauknya hanya ikan pari goreng, tempe goreng, dan dadar. Tak ada lalapan, tak ada menu lainm namun larisnya bukan main.

Sepiring sego sambel yang harganya Rp7.500,- ini berisi nasi, sambal terasi, iwak pe goreng, tempe yang digoreng agak basah, dan telur dadar. Nasinya pulen, masih hangat mengepulkan asap karena baru diangkat dari dandang. Sambalnya terbuat dari tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, garam, dan terasi. Sambal ini sebetulnya cukup pedas. Hanya saja, untuk menyesuaikan dengan selera pedas kebanyakan orang, sambal ini kemudian ditambah dengan gula putih cukup banyak. Jika Anda penggemar pedas, mintalah sambal yang belum ditambah gula putih. Tempe dan telur dadarnya mungkin tidak istimewa. Bagian yang paling enak adalah sambal terasinya yang sedap dan iwak pe-nya yang gurih dan harum..hhmm yummyy….Warung Sego Sambel Wonokromo ini tidak menyediakan minuman di warungnya. Jadi, kita harus pesan minuman kepada para penjual teh atau air mineral di warung sebelah.

Bagi yang hoby berwisata kuliner, makanan yang satu ini wajib agan-agan coba, ini dia alamat lengkapnya

Sego Sambel Wonokromo “Iwak Pe Bu Yeye”
Jln. Jagir Wonokromo Wetan, Surabaya – Jawa Timur
Sebelah utara Darmo Trade Center
Di depan Toko alat elektronik Pendowo
Buka tiap hari pukul 22.00 – 04.00

Advertisements

Written by Priyatno Nugroho

19/12/2010 at 21:53

Posted in My Adventure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: