Nugroho Technology

Menggali Makna Dalam Setiap Kata

Ayahku Menakjubkan

with 6 comments

foto : google.com

Rambut yang mulai memutih, namun guratan wajahnya tetap menyimpan gurat ketegasan. Seorang lelaki yang mendidik aku dan adikku dengan nilai-nilai kesederhanaan. Hanya dengan tindakan, tanpa banyak bicara, begitulah ayahku mendidikku, ayah ingin melihat anak-anaknya tidak bermental manja dan cenggeng dalam menjalani hidup.

Bagiku, ayah merupakan sosok yang luar biasa, sejak umur 18 tahun beliau sudah merantau jauh ke kota sebrang, meninggalkan mbah kakung dan mbah putri di kampung. Ayah merupakan anak sulung dari delapan bersaudara, dengan kondisi seperti itu ayah harus bisa mandiri dan memandirikan adik-adiknya saat itu. Oleh karenanya beliau memilih untuk merantau mencari harapan yang lebih cerah di luar sana. Saat merantau ayah bekerja sekaligus menyelesaikan sekolahnya yang tertunda. Berbagai  pekerjaan pun pernah dicoba, mulai dari tukang asongan di kereta api, buruh serabutan, sampai menjadi pesuruh di Departemen Pekerjaan Umum yang akhirnya berkat ketekunan dan kesabarannya dalam menjalani setiap proses yang Allah berikan, ayah diangkat menjadi PNS disana.

Masih ingat nasihat ayah waktu aku masuk kuliah, beliaulah yang mengajari untuk selalu menjadi orang yang sederhana dan terus berbagi walaupun itu sedikit nilainya. Ayahlah yang pontang panting mencari pinjaman untuk bisa menghantarkanku melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Dari hasil tabungan dan usaha kecil-kecilan yang ayah rintis. Berkat kegigihan ayah, akhirnya aku bisa masuk perguruan tinggi negeri dan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Ayah, merupakan sosok yang harus selalu terlihat kuat…

Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis…

Dia harus tetap terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu.

Dan dia adalah yang orang pertama dan selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dalam segala hal..”KAMU BISA” melakukan apa yang sudah kamu putuskan. Dari seorang Ayah saya banyak belajar, tentang arti sebuah tanggung jawab. Ayah memang bukan orang yang ekspresif mengungkapkan sesuatu, namun dibalik diamnya aku yakin rasa cintanya besar sekali untuk anak-anaknya. Bagiku Ayah adalah seorang pahlawan, pahlawan keluarga yang telah berhasil menyelamatkan anak-anaknya dari kebodohan….

Doaku selalu mengalir untukmu…

Rabbighfir lii waliwaa lidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa…

Ayahku memang menakjubkan…

Advertisements

Written by Priyatno Nugroho

17/10/2012 at 23:03

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Kamu Bisa dalam segala hal. Seperti menulis cerita tentang ayahmu ini… So deep in my heart! Touchy bangeeeeeeeeeet, Pri. Gumaweo.

    vadenfahrerisla

    18/10/2012 at 19:00

  2. hm…jadi ingat bapak saya… bagus kang pri… lanjutkan tulisannya..^^

    Neni Nur Fauziah

    19/10/2012 at 22:28

  3. baca tulisanny jd ingat saat bercakap2 kmrn itu. penyabar bgt y..
    semoga bisa menjadi sosok ayah yang membanggakan ayah.. ^_6

    lastriazzahra

    13/01/2013 at 09:26


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: