Nugroho Technology

Menggali Makna Dalam Setiap Kata

Sinyal…oh Sinyal…

leave a comment »

Pencarian Sinyal Handphone :D

Pencarian Sinyal Handphone 😀

Sebuah kampung dengan jalan tanah merah dan berbatu dengan kontur daerah yang berbukit-bukit dengan udara yang masih sejuk dan asri. Berjarak 150 km dari kota Bogor, dengan waktu tempuh kurang lebih 7-8 jam. Kampung Tambleg, sebuah kampung yang berada di selatan Kabupaten Lebak Provonsi Banten merupakan sebuah kampung yang masih memegang erat adat istiadatnya.

Perjalanan ke Kampung Tambleg merupakan sebuah perjalanan hari dan hati, sebuah perjalanan yang mengaktualisasikan ilmu-ilmu kita secara nyata di lingkungan masyarakat sekaligus sebagai miniatur di daerah penempatan nanti. Kampung Tambleg merupakan daerah yang berbukit-bukit dan berada di lembah sebuah gunung sehingga sinyal telekomunikasi pun relatif sulit. Namun memang hal tersebut tidak terlalu penting bagi warga Tambleg, karena tipikal orang desa biasa mengkomunikasikan sesuatu dari mulut ke mulut dan ternyata informasinya lebih cepat sampainya. Berbeda dengan aku, hari pertama di sana lumayan membuat galau karena saat melihat indikator sinyal di handphone ternyata tak ada satu bar pun, aku berpikir sepertinya aku berada di daerah blankspot, sebuah istilah untuk daerah yang tidak ada sinyal telekomunikasi.

Setelah beberapa hari di sana melihat beberapa warga yang menyimpan handphonenya di jendela, ternyata alasannya agar ada sinyal. Setelah handphone ku di tempelkan di kaca jendela memang beberapa bar sinyal mulai muncul di  layar indikator sinyal. Sehingga kebiasaan baru yang paling aku senangi di Kampung Tambleg adalah memandangi jendela sekaligus menunggu datangnya kabar dari kota sebrang. Hmm… sempat berfikir dan bertanya-tanya juga apa hubungannya kaca jendela dengan proses penerimaan sinyal, tapi ternyata aku jadi ingat sebuah mata kuliah saluran transmisi bahwa kaca merupakan salah satu media dalam proses transmisi. Karena terhalang oleh pegunungan sehingga pancaran sinyal dari BTS memantul ke segala arah dan hasil pantulan tersebut ada yang memantul ke pepohonan besar, tebing-tebing dan kaca jendela menjadi salah satu pantulannya. Itulah jawaban ilmiah mengapa handphone di Kampung Tambleg ketika di tempelkan di jendela bisa menangkap sinyal.

Advertisements

Written by Priyatno Nugroho

10/01/2013 at 16:21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: