Nugroho Technology

Menggali Makna Dalam Setiap Kata

Kerja Keras

leave a comment »

Warga Kampung Tambleg pulang dari ladang

Warga Kampung Tambleg pulang dari ladang

Kamis, 20 Desember 2013 aku yang berniat ikut Pak Sona untuk menyadap pohon aren gagal sudah, ternyata pagi-pagi buta pak Sona sudah pergi untuk menyadap pohon aren. Sehingga aktivitas kamis yang biasa di isi dengan ikut induk semang membantu ke sawah aku alihkan ke kebun belakang sekolah SMPN Satu Atap 8. Kami memang sedang melakukan pembibitan untuk program apotik hidup. Selesainya di kebun aku istirahat di warung dekat sekolah dan bercengkrama dengan pemilik warung. Sembari bercengkrama sembari melihat orang-orang lalu lalang, ada yang pergi ke sawah dan kebun, ada yang pulang dari ladang dengan membawa hasil bumi yang baru di panen, ada yang pulang membawa kayu bakar dan aktivitas-aktivitas lainnya.

“Bu, apa aja yang dikerjain warga di sawah, kok tiap hari ada saja kerjaannya” tanyaku kepada ibu warung

“Macem-macem, sep. Ada saja kerjan disawah mah, walaupun cuma memupuk atau menyiangi rumput” jawabnya.

Yaa… memang selama di kampung Tambleg aku melihat semua warganya rata-rata petani, dan mereka bekerja ke sawah atau ladang dari subuh sampai magrib. Jika dilihat kok gak ada capek-capeknya mereka bekerja. Aku jadi teringat kata-kata kakekku di Yogyakarta sana, “Ürip nang ndeso kuwi gampang, asal gelem nyambut gawe1

Memang betul kata kakekku, hidup di desa itu memang gampang asal mau bekerja keras, dan hal tersebut di buktikan oleh warga Kampung Tambleg. Kalau kata Pak Jana, orang tua angkatku di Kampung Tambleg, “hidup di desa itu gampang kalau mau makan tinggal metik di ladang, beras gak usah beli tinggal tunggu di panen, namun semuanya itu butuh kerja keras untuk mengolahnya, kalau berleha-leha ya tidak akan dapat apa-apa.”

Selama di Kampung Tambleg aku banyak belajar tentang arti sebuah kerja keras dari para warganya, bagaimana mereka menghidupi keluarganya mulai dari subuh sampai maghrib, memutar otak bagaimana agar sawah atau ladangnya bisa menghasilkan uang untuk menghidupi keluarganya.

Bekerjalah, biarkan Allah dan RasulNya yang melihat kerja-kerjamu…

Salam Inspirasi….

 

1 Hidup di desa itu gampang, asal mau kerja keras

Tambleg, 20 Desember 2012

Priyatno Nugroho

Advertisements

Written by Priyatno Nugroho

12/02/2013 at 17:19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: