Nugroho Technology

Menggali Makna Dalam Setiap Kata

Mobile Unit, Solusi Pemenuhan Air Bersih

leave a comment »

Oleh

Priyatno Nugroho

Air merupakan kebutuhan primer bagi manusia untuk minum, mandi,  cuci dan kegiatan lainnya. Ketersediaan air bersih di tiap daerah di Indonesia sangatlah penting, namun tidak semua kawasan di negeri ini mendapatkan akses air bersih yang merata. Dari tahun ke tahun laju pertumbuhan Sumber Daya Manusia di Indonesia pun semakin pesat sehingga membutuhkan banyak ruang publik yang dipakai, hal ini menyebabkan semakin besar pula kebutuhan akan air bersih di Indonesia.

Tata kelola kota di Indonesia yang masih buruk, ditambah lagi dengan menipisnya cadangan mata air karena pembangunan besar-besaran yang kurang memperhatikan dampak dari segi lingkungan belum lagi pembalakan hutan yang makin merajalela, menjadikan sebuah permasalahan tersendiri bagi negeri ini. Cadangan mata air kian hari semakin menipis sehingga menyebabkan debit air di hulu sungai dan sumber-sumber air lainnya.

Tercatat di beberapa daerah seperti di Gunung Kidul, Yogyakarta yang sering mengalami bencana kekeringan akibat kemarau panjang, sehingga air pun sulit untuk didapat. Perlu adanya sebuah terobosan di bidang rekayasa IPTEK sebagai solusi untuk mengatasi krisis air bersih.

Kementerian Pekerjaaan Umum sebagai kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada pemerintah yang dalam misinya menyelenggarakan pengelolaan SDA secara efektif dan optimal untuk meningkatkan kelestarian fungsi dan keberlanjutan pemanfaatan SDA serta mengurangi resiko daya rusak air.

Untuk mengurangi resiko daya rusak air, maka Kementerian Pekerjaan Umum mengembangan sebuah teknologi terapan berupa alat pegolahan air bersih yang diberi nama Mobile Unit. Alat ini dapat mengolah air baku menjadi air bersih yang layak untuk digunakan sehari-hari.

Penggunaan Mobile Unit menjadi sebuah solusi untuk sebuah wilayah yang mengalami kesulitan air bersih. Mobile Unit merupakan sebuah instalasi pengolahan air bersih yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman – Kementrian Pekerjaan Umum. Dengan menggunakan sistem mobile, instalasi pengolahan air bersih ini sangat cocok untuk daerah yang masih rawan air bersih, daerah yang belum teraliri oleh PDAM, dan pemenuhan kebutuhan air pasca bencana alam.

Keunggulan dari Mobile Unit dengan sistem pengolahan air bersih lainnya terletak pada sistemnya yang bisa mobile karena dilengkapi oleh kendaraan mini truk. Cara kerja sama dengan sistem pengolahan air bersih lainnya.

Cara kerja pengolahan air pada Mobile Unit yaitu pertama, air baku dipompa dan masuk kedalam bak flokulator/koagulator yang berfungsi untuk proses destabilisasi partikel koloid pada air dengan penambahan bahan kimia.  Setelah melalui proses pada bak koagulator, selanjutnya air masuk ke tangki pengendap, tangki ini berfungsi untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang sudah didestabilisasi. Pada tangki ini air dan partikel-partikel koloid akan terpisah dan selanjutnya air yang sudah tersaring dipompa menggunakan pompa filter untuk selanjutnya masuk kedalam proses filtrasi untuk menyaring media berbutir seperti pasir, atau media lainnya.

Setelah melalui proses filtrasi, air masuk kedalam proses selanjutnya yaitu Kation Exchanger yaitu penambahan disinsfektasi, biasanya menggunakan penambahan chlor, ozonisasi  dan pemberian UV untuk  menghilangkan bakteri yang terdapat di air yang di olah. Setelah selesai proses Kation Exchanger selesailah proses pengolahan air bersih ini, biasanya air akan ditampung di dalam tangki penampungan air sebelum didistribusikan ke warga.

Mobile Unit ini telah diujikan di beberapa daerah, terutama pada daerah-daerah bencana alam seperti pada saat letusan gunung Merapi, proses recovery pasca tsunami Aceh, banjir Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

Advertisements

Written by Priyatno Nugroho

14/11/2013 at 14:44

Posted in Coretan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: